Pengaruh Pemahaman Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Kasus UPPRD Cipayung, Jakarta Timur)

Authors

  • Shakila Stella Permata Swadaya Institute of Business and Communication
  • Zulmita Swadaya Institute of Business and Communication

DOI:

https://doi.org/10.70005/cakrawala.v32i1.105

Keywords:

Pajak Pengetahuan, , Kesadaran Wajib Pajak,, Sanksi Pajak,, Kepatuhan Pajak.

Abstract

Kepatuhan pajak adalah suatu kondisi di mana wajib pajak memenuhi semua kewajiban perpajakan dan melaksanakan hak hak perpajakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Kecil dan Menengah) Wajib Pajak UMKM di UPPRD Cipayung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Regresi Berganda. Berganda (Multiple Regression Analysis). Data penelitian diperoleh dari data primer melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak UMKM yang terdaftar di UPPRD Cipayung. Ukuran sampel ditentukan menggunakan metode Purposive Sampling dengan cara dengan menyebarkan 60 sampel kuesioner. Data yang Data yang diperoleh ditabulasi dan dihitung menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 29. Sebelum pengolahan data, dilakukan uji validitas dan realibilitas dilakukan terhadap kuesioner. Hasil Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengetahuan Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak tidak berpengaruh signifikan signifikan terhadap Kepatuhan Pajak Wajib Pajak UMKM. Wajib Pajak UMKM. Sebaliknya, variabel Sanksi Pajak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Pajak. Kepatuhan Pajak Wajib Pajak UMKM. Hal ini karena pada hasil uji t, pengetahuan perpajakan memiliki nilai t hitung sebesar 0,380 yang lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 2,003243, dan memiliki nilai 0,706 yang lebih besar dari nilai alpha (α) sebesar 0,05. Kesadaran wajib pajak memiliki nilai t sebesar 1,915 yang lebih kecil dari nilai t-tabel sebesar 2,003243, dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,061 yang lebih besar dari nilai alpha sebesar 0,061, yang lebih besar dari nilai alpha (α) sebesar 0,05.

Downloads

Published

30-01-2025

How to Cite

Shakila Stella Permata, & Zulmita. (2025). Pengaruh Pemahaman Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Kasus UPPRD Cipayung, Jakarta Timur) . CAKRAWALA, 32(1), 45–58. https://doi.org/10.70005/cakrawala.v32i1.105