PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI E-BOOK PADA SMK NEGERI 27 JAKARTA PUSAT

Authors

  • Michael Bumipulo Kotajawa Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya
  • Bambang Santoso Institut Bisnis dan Komunikasi Swadaya

DOI:

https://doi.org/10.70005/cakrawala.v31i2.88

Keywords:

Promotion, Price, Buying Interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli E-book Pada SMK Negeri 27 Jakarta Pusat. Variabel independen yaitu : Promosi dan Harga, variabel dependen yaitu Minat Beli. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner di SMKN 27 Jakarta Pusat. Metode analisis yang digunakan : Uji Instrumen Data (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas), Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas dan Uji Heteroskedastisitas) dan Uji Hipotesis (Uji T, Uji F dan Koefisien Determinasi). Hasil uji disimpulkan : Variabel promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil uji t menunjukkan thitung > ttabel yakni 2,906 > 1,99 dengan tingkat signifikansi 0,005 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Variabel harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung > ttabel yakni 4,726 > 1,99 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H2 diterima. Variabel promosi dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil uji F : nilai Fhitung > Ftabel yakni 41,639 > 3,11 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak atau menerima Ha.

Downloads

Published

01-07-2024

How to Cite

Michael Bumipulo Kotajawa, M. B. K., & Bambang Santoso, B. S. (2024). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI E-BOOK PADA SMK NEGERI 27 JAKARTA PUSAT. CAKRAWALA, 31(2), 49–60. https://doi.org/10.70005/cakrawala.v31i2.88

Issue

Section

Focus and Scope (Management)

Categories